A.PERANGKAT
KERAS (HARDWARE) Adalah komponen fisik komputer yang
terdiri dari rangkaian elektronika dan peralatan mekanis lainnya. Pada abtraksi
tingkat atas terdiri dari empat komponen, yaitu : 1. Pemroses (Processor)
2. Memori Utama (Main Memory) 3. Perangkat masukan dan keluaran (device
I/O) 4. Interkoneksi antar komponen (user interface, device controler)
Sumber
daya perangkat keras terdiri atas : 1. Pemroses (Processor) Komponen
komputer yang bertugas untuk mengolah data dan melaksanakan berbagai perintah.
Pemroses terdiri dari :
a. Bagian
ALU (Aritmatic Logic Unit) untuk komputasi, berupa operasi-operasi
aritmatika dan logika.
b. Bagian
CU (Control Unit) untuk pengendalian operasi yang dilaksanakan sistem
komputer.
c. Register-register, untuk
membantu pelaksanaan operasi dan sebagai tempat operand-operand dari operasi
yang dilakukan.
Register –Register
Register-register
dapat
dikategorikan menjadi dua, yaitu:
1)
Register yang terlihat pemakai Pemrogram dapat memeriksa ini register-register
tipe ini.
Register Data (untuk menampung nilai)
Register Alamat (untuk keperluan pengalamatan) contoh : Indeks Register,
Segment pointer register, stack pointer register.
2)
Register untuk Kendali dan Status
Register
ini mengendalikan operasi pemroses terdiri dari :
a)Register
untuk alamat dan buffer (MAR,MBR,I/O AR, I/O BR).
b)Register
untuk eksekusi instruksi (PC, IR)
c)Register
untuk informasi status (PSW) berisi Sign, Zero, Carry, Equal, Overflow,
Interupt enable/disable , Supervisor
2.
Memori
Memori
berfungsi tempat menyimpanan data dan program. Terdapat beberapa tipe memori :
Register
Memori
case (Chace Memory)
Memori
kerja (Main Memory)
Disk
Magnetik (Magnetic Disk)
Disk
Optik (Optical Disk)
Tape
Magnetik (Magnetic Tape)
Menurut urutan dari atas ke bawah dapat diukur
hirarki dalam hal :
a. Kecepatan Akses
b. Hubungan Kapasitas
c. Hubungan Frekwensi Pengaksesan
d. Hubungan Harga
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi adanya
lalulintas data dengan memory utama, maka diimplementasikan adanya konsep Chace
memory , menanggulangi kelambatan proses. Juga pada memori Utama dengan
Peralatan masukan/ keluaran saling berhubungan, maka diimplementasikan adanya
konsep penampung sementara yang akan dikirim keperangkat masukan/keluaran
berupa Buffering.
3.
Perangkat Masukan/Keluaran Perangkat masukan/keluaran terdiri dua
bagian, yaitu :
a.Komponen
mekanik, yaitu perangkat itu sendiri
b.Komponen
elektronik, yaitu pengendali perangkat berupa chip controller.
Pengendalian
perangkat (Device Adapter) Terdapat dua macam pengedali alat
:
Pengerak
alat (Device Controller)
Pekerja
alat (Device Driver)
Struktur
I/O
a. I/O
Interrupt I/O Device kecepatan rendah
b. b.
Struktur DMA I/O Device kecepatan Tinggi DMA dibagi menjadi : Third Party DMA
dan First Party DMA
4.
Interkoneksi antar Komponen
Interkoneksi
antar komponen disebut galur/jalur (bus) yang terdapat pada mainboard,
bus terdiri dari tiga macam :
a.Bus
alamat (address bus), satu arah. 16,20,24 jalur
b.Bus
data (data bus), dua arah. 8,16,32 jalur
c.Bus
kendali (control bus), dua arah. 4-10 jalur
Signal
bus kendali antara lain: memori read, memori write, I/O read, I/O write.
Mekanisme pembacaan : Untuk membaca data suatu alokasi
memori, CPU mengirim alamat memori yang dikehendaki melalui bus alamat
kemudian mengirim sinyal memory read pada bus kendali. Sinyal
memory read memerintahkan ke perangkat memori untuk mengeluarkan data pada
lokasi tersebut ke bus data agar dibaca CPU. Interkoneksi antar komponen
membentuk jenis koneksitas yang populer antara lain: ISA, VESA, PCI, AGP.
Tingkatan Konsep Komputer Terdiri dari :
a.Diagram
blok ( tertinggi )
b.Arsitektur
c.Transfer
register
d.Rangkaian
saklar
e.Elektronika
( terendah )
Penjelasan
dari tingkatan paling rendah:
a.
Tingkat Konsep Elektronika Bentuk komputer terdiri atas sejumlah rangkaian
komponen elektronika ditambah dengan komponen mekanika, magnetika dan optika.
b. Tingkat Konsep Rangkaian Saklar Sudah dapat terlihat
rangkaian elektronika yang sesungguhnya, yang membentuk banyak saklar yang
tersusun secara paralel dan membentuk sekelompok saklar. (terhubung dan
terputus).
c. Tingkat Konsep Transfer Register Berbagai kelompok sakelar
di dalam komputer membentuk sejumlah register (Logika, aritmatika, akumulator,
indeks, adress register dll)
d. Tingkat Konsep Arsitektur Sejumlah register
tersusun dalam suatu arsitektur tertentu. Prosesor, memory dan satuan komponen
lain nya terhubung melalui galur (bus) penghubung.
d. Tingkat
Konsep Diagram Blok Arsitektur komputer atau sistem komputer
dapat dipetak-petakan ke dalam sejumlah blok (masukan , blok satuan, prosesor
pusat, memori dll)
Kerja
Komputer
Kerja
komputer pada tingkat konsep, antara lain :
a. Tingkat
konsep diagram blok, berlangsung sebagai lalu lintas informasi di dalam dan
diantara blok pada sistem komputer.
b. Tingkat
transfer register, kerja komputer berlangsung melalui pemindahan rincian
informasi di antara register.
c. Tingkat
konsep saklar, kerja komputer berlangsung dalam bentuk terputus dan
terhubungnya berbagai saklar eletronika di dalam sistem komputer.
Kerja
komputer pada fungsi komputer, terdiri atas :
kegiatan
masukan, catatan, pengolahan dan keluaran
Kerja
komputer pada rekaman
Sekelompok
satuan data direkam ke dalam alat perekaman dalam bentuk berkas data.
Tataolah
direkam ke dalam alat perekam dan membentuk berkas tataolah
B.PERANGKAT
LUNAK (SOFTWARE)
Merupakan
komponen non fisik berupa kumpulan program beserta struktur datanya. Program
adalah sekumpulan instruksi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat
menyelesaikan masalah-masalah tertentu sesuai dengan kebutuhan.
C. SIKLUS INSTRUKSI
Untuk memproses instruksi dilakukan
melalui 2 tahap : 1. Mengambil instruksi (instruction fetch) 2.
Mengeksekusi instruksi (instruction execution) Interrupt suatu
signal dari peralatan luar atau permintaan dari program. Penyebab Interrupt,
yaitu: Program (Division By Zero), I/O, Timer (Quantum pada Round
Robin), dan Kegagalan hardware Trap Software Generated
Interrupt yang disebabkan oleh kesalahan atau karena permintaan user
No comments:
Post a Comment