x

Tuesday, June 11, 2013

VLAN (VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK)

sebelumnya saya mau berbagi sedikit ilmu tentang VLAN, yang saya dapatkan waktu ikut IT Camp di Puncak 3 hari yang lalu,, lanjut pembahasan aja ya..
VLAN Adalah:
  • VLAN merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN , hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan.
  • Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation
Jaringan VLAN
 
 
Contoh Lain Jaringan VLAN
Cara Kerja VLAN
  • VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan untuk mengklasifikasikannya, baik menggunakan port, MAC address Semua informasi yang mengandung pengalamatan suatu vlan (tagging) di simpan dalam suatu database (tabel), jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yang digunakan oleh VLAN.
  • Untuk mengaturnya maka biasanya digunakan switch/bridge yang manageable atau yang bisa di atur. Switch/bridge inilah yang bertanggung jawab menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch/bridge memiliki informasi yang sama.
  • Switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya. atau dapat pula digunakan suatu software pengalamatan (bridging software) yang berfungsi mencatat/menandai suatu VLAN beserta workstation yang didalamnya untuk menghubungkan antar VLAN dibutuhkan router.
TIPE TIPE VLAN
1. Berdasarkan Port
p  Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang di gunakan oleh VLAN tersebut. Sebagai contoh, pada bridge/switch dengan 4 port, port 1, 2,dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2, lihat tabel:
p  Tabel port dan VLAN
          Port 1 2 3 4 VLAN 2 2 1 2
p  Kelemahannya adalah user tidak bisa untuk berpindah pindah, apabila harus berpindah maka Network administrator harus mengkonfigurasikan ulang.
2. Berdasarkan MAC Address
p  Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap workstation/komputer yang dimiliki oleh user. Switch mendeteksi/mencatat semua MAC address yang dimiliki oleh setiap Virtual LAN. MAC address merupakan suatu bagian yang dimiliki oleh NIC di setiap workstation.
p  Kelebihannya apabila user berpindah pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut.
p  Kekurangannya bahwa setiap mesin harus di konfigurasikan secara manual , dan untuk jaringan yang memiliki ratusan workstation maka tipe ini kurang efissien untuk dilakukan.
p  Tabel MAC address dan VLAN
3. Berdasarkan tipe protokol yang digunakan Keanggotaan VLAN juga bisa berdasarkan protocol yang digunakan, lihat tabel
  • Tabel Protokol dan VLAN
  • Protokol IP IPX VLAN 1 2
4. Berdasarkan Alamat Subnet IP Subnet IP address pada suatu jaringan juga dapat digunakan untuk mengklasifikasi suatu VLAN
  • Tabel IP Subnet dan VLAN
  • IP subnet 22.3.24 46.20.45 VLAN 1 2
Perbedaan LAN dan VLAN
p  Bentuk jaringan dengan model Local Area Network sangat bergantung pada letak/fisik dari workstation, serta penggunaan hub dan repeater sebagai perangkat jaringan yang memiliki beberapa kelemahan.

p  Kelebihan dari model jaringan dengan VLAN adalah bahwa tiap-tiap workstation/user yang tergabung dalam satu VLAN/bagian (organisasi, kelompok dsb) dapat tetap saling berhubungan walaupun terpisah secara fisik.
p  Terlihat jelas VLAN telah merubah batasan fisik yang selama ini tidak dapat diatasi oleh LAN. Keuntungan inilah yang diharapkan dapat memberikan
kemudahan-kemudahan baik secara teknis dan operasional.
      VLAN dibangun pada masing-masing port switch. (Port berapa ikut VLAN berapa).
      Pada network VLAN bisa dianalogikan dengan subnet
      Sedangkan pada perusahaan  dianalogikan sebagai bagian atau divisi pada sebuah perusahaan .
      Pada awalnya setiap switch dianggap 1 VLAN,  dengan menambah atau mengcreat VLAN baru yang tadinya hanya 1 VLAN kini berjumlah bisa lebih dari 1 VLAN
Manfaat VLAN
  1. Performance.
VLAN mampu mengurangi jumlah data yang dikirim ke tujuan yang tidak  perlu. Sehingga lalu lintas data yang terjadi di jaringan tersebut dengan  sendirinya akan berkurang.
  1. Mempermudah Administrator Jaringan
 Setiap kali komputer berpindah tempat, maka komputer tersebut harus di konfigurasi ulang agar mampu berkomunikasi dengan jaringan dimana komputer itu berada. Hal ini membuat komputer tersebut tidak dapat dioperasikan langsung setelah di pindahkan Jaringan dengan Prinsip VLAN bisa meminimalkan atau bahkan menghapus langkah ini karena pada dasarnya ia tetap berada pada jaringan yang sama.
  1. Mengurangi biaya.
Dengan berpindahnya lokasi, maka seperti hal nya diatas, akan menyebabkan biaya instalasi ulang. Dalam jaringan yang menggunakan VLAN, hal ini dapat diminimallisira atau dihapuskan
 4. Keamanan
 VLAN bisa membatasi Pengguna yang bisa mengakses suatu data,  sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penyalahgunaan hak akses.



No comments:

Post a Comment

 

Template Design By:
SkinCorner